Belasan Tahun Menunggu, Optimalisasi Pemanfaatan Embung Gemuruh di Dabo Singkep Lingga Terealisasi

optimalisasi pemanfaatan Embung Gemuruh
Peletakan batu pertama

Batamline.com, Lingga – Bupati Lingga, Muhammad Nizar menghadiri acara peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pekerjaan optimalisasi pemanfaatan Embung Gemuruh dan pipa transmisi air baku di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Sabtu (08/06/2024).

Acara yang berlangsung di Kantor Air Minum Tirta Lingga, Kecamatan Singkep ini menandai awal dari proyek penting yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan ketersediaan air bersih bagi masyarakat setempat.

Read More

Dalam sambutannya, Bupati Nizar menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Kementerian PUPR, khususnya Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam, yang telah mengakomodasi usulan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga.

“Kami sangat berterima kasih atas realisasi proyek ini. Usulan ini sudah kami ajukan sejak berdirinya PDAM Tirta Lingga sekitar 14 tahun yang lalu, dan baru tahun ini bisa terealisasi,” ujar Nizar.

Dia juga menyoroti bahwa pipa yang akan diganti dalam proyek ini telah digunakan sejak tahun 1972.

“Dengan adanya pipa baru yang tidak bocor, diharapkan distribusi air bersih ke masyarakat, khususnya di Dabo Singkep, akan lebih optimal dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air, Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam, Asyari ST, MT, dalam sambutannya menyebutkan bahwa proses pekerjaan sudah mencapai 10,2 persen dan diharapkan dapat selesai 100 persen pada akhir November 2024. Ia menjelaskan bahwa total panjang pekerjaan ini mencapai 7.600 meter dengan kecepatan 10 liter per detik.

Dengan dimulainya proyek ini, Pemerintah Kabupaten Lingga menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan infrastruktur dasar dan layanan publik, khususnya penyediaan air bersih yang merupakan kebutuhan mendasar bagi kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam, Direktur PDAM Tirta Lingga, Kepala Dinas PUPR Lingga, Asisten II, Camat Singkep, Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya.

Hadirnya berbagai pejabat dan tokoh masyarakat menunjukkan dukungan yang besar terhadap proyek ini, yang diharapkan akan membawa manfaat signifikan bagi warga Dabo Singkep. (aji)

Related posts