BP Batam Tekan Tarif Logistik di Pelabuhan Batuampar

  • Whatsapp
container crane di pelabuhan batuampar
Pelabuhan Batuampar

Batamline.com, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah membangun Pelabuhan Batuampar untuk menjadi lebih modern. Salah satunya dengan melakukan perluasan Container Yard menjadi 3,8 Ha yang diperkirakan akan rampung tahun ini.

Namun, perluasan tersebut akan “sia-sia” jika tarif logistik yang selalu dikeluhkan oleh pengusaha belum bisa diselesaikan.

Bacaan Lainnya

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, mengenai biaya logistik yang mahal, hingga ke level mentri telah disampaikan jika tarif logistik diharapkan bisa turun 23 persen.

BP Batam adalah pemilik dan pengelola pelabuhan utama di Kepri, yakni Pelabuhan Batuampar. Dimana, menurut data dari BPS, lebih dari 50 persen kegiatan ekspor-impor melalui Pelabuhan Batuampar.

“Ini adalah tugas kita bersama menekan cost logistics. Sedangkan BP Batam adalah pemilik dan pengelola pelabuhan, yang bisa dilakukan BP Batam, mengontrol tarif pelayanan,” katanya.

Dalam upaya menurunkan biaya logistik itu, tahun 2021 BP Batam sudah dua kali melakukan revisi Perka untuk menurunkan biaya logistik. Salah satunya dengan menurunkan biaya masa inap (dwelling time) kontainer.

“Contohnya penumpukan itu bagian dari cost logistics bukan? Itu diturunkan oleh BP Batam, itu salah satu contohnya diturunkan,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.