Bunda, Berat Badan Naik Setelah Melahirkan Bisa Disiasati loh

  • Whatsapp
berat badan
ilustrasi/ist

Batamline.com, Kesehatan – Naiknya berat badan setelah melahirkan kerap membuat pusing kaum wanita. Terutama bagi mereka yang masih berusia 42 tahun ke bawah.

Perubahan bentuk tubuh yang signifikan menjadi keluhan bagi emak-emak. Pakain pun mendadak tidak muat.

Dilansir dari Tribunnews.com, dr Hariyo Wirastomo P, Sp.Og, menyebut berat badan yang bertambah pesat setelah melahirkan bisa disiasati.

Pertama, membaca panduan buku terkait kehamilan yang biasanya telah diberikannya pada setiap calon ibu.

Di dalam buku tersebut, menurut dr Hariyo sudah tercantum semual hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Termasuk berapa indeks bobot badan yang perlu dinaikkan dalam masa kehamilan.

“Perlu diperhatikan indeks masa tubuh saat hamil. Naiknya harus sesuai grafik. Itu langkah paling aman agar tubuh tidak membesar setelah melahirkan,” katanya pada live streaming, Rabu (7/4/2021).

Baca: Burung Lovebird Keturunan Terakhir Burung Beo? Berikut Penjelasannya

Kedua, dr Hariyo menyarankan pada ibu selama hamil untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi. Tidak berlebihan namun mencukupi nutrisi, gizi dan vitamin yang dibutuhkan.

“Jangan sampai kita meladeni maunya kita. Lagi hamil wajar dong makan banyak, nanti setelah melahirkan akan susut sendiri. Tidak seperti itu,” katanya lagi.

Selain itu yang ketiga, dr Hario menyarankan untuk tetap memberikan ASI secara eksklusif kepada anak. Karena selain memberikan dampak positif pada anak, ibu juga mendapatkan bonus tersendiri.

Setiap tegukan ASI yang dikonsumsi oleh anak, dapat membakar 20 kalori yang dimiliki oleh ibu.

Dan terakhir, adalah berhati-hati untuk memilih metode keluarga berencana (KB). Menurut dr Hariyo, ada kadangkala KB dapat menambah berat badan. Karenanya, perlu konsultasi bersama suami dan dokter terkait program KB. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *