Ini Sumber Uang Rp 100 Juta Milik ODGJ Viral yang Meninggal di SPBU Depok

ODGJ viral
Layar tangkap ketika keluarga dan tetangga menghitung uang Rp100 juta lebih yang ditemukan dalam tas korban. Uang itu dikumpulkan selama 20 tahun.

Batamline.com, Batam – Keluarga Minan Tu’u, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Depok yang viral karena memiliki uang sekitar Rp100 juta ternyata tidak tahu bila pria itu banyak uang. Adik Minan, Minah pun tidak menyangka jika uang yang ditinggalkan Minan sangat banyak.

Selama ini dia hanya melihat Minan mengumpulkan uang receh dan ribuan. “Saya lihat dirapihin uangnya, dimasukin ke bantal, sampai dua apa tiga bantal kali, tapi tidak menyangka sampai Rp100 juta lebih. Yang hitung setelah abang saya meninggal juga warga soalnya,” ujar Minah, Rabu, 15 Februari 2023.

Read More

Menurut Minah, uang itu diperoleh almarhum dari pemberian orang dan pengendara yang mengisi BBM di SPBU Jalan Pramuka, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok.

Setiap hari, Minan keluar rumah mulai pukul 06.00 untuk ke SPBU di Jalan Pramuka. Abangnya itu tidak pernah jalan jauh dari rumah Minah. Sejak orang tuanya meninggal, Minan tinggal bersama Minah dan suaminya di Gang H. Konim RT 005/001 Kelurahan Grogol, Limo Depok. 

“Saban pagi dia keluar rumah, ke pom bensin, di sana ada yang suka kasih uang. Saya sama suami lihat sendiri, yang bawa motor sama mobil suka kasih ke dia,” kata Minah.

Perempuan 60 tahun itu menjelaskan, kakaknya tidak pernah meminta uang kepada orang. Dia hanya menerima pemberian orang yang kasihan melihat dia.

“Biasanya kalau siang dan tidak ada yang kasih makan, pas perutnya lapar dia pulang ke rumah, makan yang saya siapkan pagi sama sore, sehari tiga kali,” ujar Minah. 

Selesai makan, pria 70 tahun itu kembali kembali keluar dan baru pulang malam harinya. Dia tidur di tempat yang sudah disediakan di depan rumah abang Minan yang bernama Ri’an. “Tasnya juga ditaruh di sana” kata Minah.

Minah pernah menasihati Minan agar menyimpan uangnya baik-baik. Bila dia tutup usia, uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan mengurusi pemakaman dan tahlilan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *