Kantor Imigrasi Batam Sosialisasi Aplikasi M-Paspor

  • Whatsapp
M-Paspor
Sosialisasi M-Paspor kepada perkumpulan masyarakat perkawinan campuran di Batam

Batamline.com, Batam – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam sosialisasikan aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) kepada perkumpulan masyarakat perkawinan campuran (Perca) Kota Batam, Rabu (2/3/2022).

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud mempersiapkan perubahan sistem pelayanan paspor dengan Aplikasi M-Paspor.

Bacaan Lainnya

Dimana, Aplikasi M-Paspor merupakan bentuk baru dari Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) yang diterapkan agar pelayanan paspor lebih transparan, akuntabel dan cepat. Sehingga, pemohon dapat melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja.

“Kalau APAPO itu hanya sebatas nomor antrian. Kalau M-Paspor penyempurnaan dari APAPO. Pemohon bisa upload dokumen secara mandiri dan melakukan pembayaran,” ujar Kepala Seksi Dokumen Perjalanan, Doni Purwokohadi.

Dijelaskannya, dengan adanya aplikasi M-Paspor ini, pemohon hanya cukup datang satu kali saja ke kantor Imigrasi untuk wawancara. Dimana, untuk waktu wawancara, pemohon juga bisa tentukan sendiri tanggal dan tempat kedatangan.

Baca: Miris! Dalam 2 Pekan 5 Kasus Pencabulan di Batam, Ada yang Sampai Melahirkan

“Jadi, saat di kantor pemohon cukup menunjukkan saja berkas aslinya saat wawancara. Sehingga memangkas waktu tatap muka,” tuturnya.

Tidak sampai disitu, kemudahan-kemudahan dari aplikasi M-Paspor lainnya, mulai dari pembayaran PNBP dilakukan di awal, cek status permohonan paspor, validasi NIK Dukcapil, reschedule jadwal kedatangan ke Kantor Imigrasi hingga integrasi dokumen perjalanan RI.

“Kalau kemarin mungkin wawancara itu karena ada scan dokumen, bisa 10 sampai 15 menit. Tapi kalau sekarang cukup 5 menit,” katanya.

Baca: KPPAD Batam Berang, Pelajar Bebas Ngamar Bareng Pacar di Hotel

Meski demikian, ia mengingatkan kepada pemohon paspor untuk lebih teliti dalam memasukkan data. Sebab, dengan sistem pembayaran yang dilakukan diawal, maka pembayaran yang telah dilakukan tidak bisa ditarik kembali.

“Pembayaran dilakukan sebelum wawancara di kantor imigrasi. Bisa dilakukan melalui Bank, Kantor Pos dan Indomaret. Batas waktu pembayaran dua jam setelah dokumen diunggah,” imbuhnya. (dva)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.