Lepas Ekspor Gabungan Para Pelaku Usaha: Kepala Kantor BC Karimun Ajak Tingkatkan Potensi Ekspor

  • Whatsapp
Ekspor
Ilustrasi/ist

Batamline.com, Batam – Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun, Agung Marhaendra Putra meresmikan Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021 dari 3 tempat di Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini mengakomodasi berbagai produk untuk diekspor ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ekspor gabungan kali ini merupakan hasil pembinaan bersama  Bea Cukai Kepri dan Bea Cukai Karimun. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas dengan pihak pemerintah daerah dan instansi terkait,” kata Agung sesuai keterangan pers yang diterima Batamline.com.

Adapun komoditas ekspor gabungan oleh ketiga perusahaan ini di antaranya, PT Pulaumas Moromulia dengan 21.250 kg kulit kayu, 40.000 kg daging kelapa putih, 2.200 kg kerupuk ikan, dan 10.000 kg ikan segar tujuan Singapura dan Malaysia; PT Saricotama Indonesia dengan 30.000 kg daging kelapa dan 10.000 kg air kelapa tujuan Malaysia serta; PT Timah Tbk dengan 2.520 Metric Ton tujuan Singapura.

Baca: Satgas Misi Kemanusiaan Internasional Tinjau Barang Bukti Kapal Maut Pengangkut PMI Ilegal ke Malaysia

Agung memimpin pelepasan ekspor dalam acara “Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021” yang dilaksanakan secara simultan di tiga tempat yang diikuti oleh para eksportir di wilayah Kabupaten Karimun dari 3 titik yang berbeda pada hari ini, Senin (27/12) dengan lokus utama di PT Pulaumas Moromulia, Moro, Pulau Sugi, Kabupaten Karimun Kepulauan Riau.

Menurut Agung, Pemerintah Indonesia secara umum berusaha mendorong sektor perekonomian di seluruh Nusantara untuk dapat bangkit kembali dengan berbagai program dan insentif yang dijalankan oleh Kementerian dan Lembaga yang berwenang.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, sebagai institusi yang memiliki fungsi sebagai trade facilitator dan industrial asistance sangat mendukung program-program yang diselenggarakan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di seluruh wilayah Indonesia yaitu salah satunya adalah melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bea Cukai Karimun dibawah bimbingan Bea Cukai Kepulauan Riau secara aktif menggali potensi ekspor di wilayah Kabupaten Karimun dan memberikan sosialisasi serta asistensi mengenai ekspor kepada para pelaku usaha sebagai bentuk dukungan terhadap program PEN serta membuka peluang agar produk mereka dapat menembus pasar dunia.

Baca: Indonesia Dapat Impor Varian Omicron, Total Kasus 68 Pasien

Selain lokus utama di Moro, Pulau Sugi, Kabupaten Karimun, terdapat 2 titik pelepasan yang terkoneksi langsung secara daring yang meliputi PT Timah Tbk (Perayun, Kundur Utara) dan juga PT Saricotama Indonesia (Tanjung Batu, Kundur).

Secara kumulatif, sumbangan devisa bagi negara yang berhasil dihimpun dari kegiatan ekspor umum di bawah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun hingga akhir tahun 2021 mencapai 1,4 Trilyun Rupiah. 

Melalui kegiatan ini Agung mengajak semua institusi yang ada di Kab. Karimun untuk saling bersinergi dan bahu membahu untuk menggali dan meningkatkan potensi ekspor yang ada di Kabupaten Karimun, juga potensi lainnya seperti sektor pariwisata dan lain sebagainya sehingga hal ini dapat menjadi hal yang positif dan bisa berkelanjutan di masa yang akan datang.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah, Akhmad Rofiq mengatakan, “Kita harus lebih jeli melihat peluang pasar ekspor yang masih terbuka lebar di negara-negara yang saat ini masih mengalami pandemi. Potensi kita masih sangat besar. Dari sisi keragaman produk commodity, dari sisi kreatifitas dan kualitas, dari sisi volume dan tujuan negara ekspor, kuncinya adalah proaktif.”

Sejumlah pimpinan pemerintah daerah, forum koordinasi pimpinan daerah, intansi terkait dan juga perwakilan sejumlah perusahaan turut hadir secara langsung, antara lain Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, S.Ag., M.Si., Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau Akhmad Rofiq, Kepala Seksi Pengawasan IV Bapak Arnold Wuriyadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjung Balai Karimun.

Turut hadir, Kepala Kepolisian Sektor Moro Iptu Efendi Marpaung, Perwira Seksi Teritorial Distrik Militer 0317/Tanjung Balai Karimun Lettu Kav. Tatang, dan Komandan Pos Angkatan Laut Moro Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun, Letda Laut (S) M. Arif.

Serta, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Moro Haryo Nugroho, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun Bapak Willy Indra Yunan, SP, Kepala Syahbandar Moro Bapak Uddin, Kepala Karantina Ikan Wilayah Kerja KIPM Moro M. Fathir, Camat Moro Khaidir Saleh S.Sos, dan Kepala Satuan Kerja Pengawasan, Sumber Daya Kelautan, dan Perikanan Moro Kotot.

Sedangkan dari kalangan pengusaha turut hadir Pimpinan PT Pulaumas Moromulia Tiau Tjen Al Halim, dan juga sejumlah perwakilan dari: PT Timah Tbk, PT Saricotama Indonesia, Koperasi Putra Jaya Karimun, serta CV Bandar Karimun. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.