OJK Luncurkan Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Pensiun 2024-2028

Dana Pensiun
Ogi Prastomiyono

Batamline.com, Batam – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Dana Pensiun Indonesia 2024-2028 sebagai respons terhadap isu-isu yang kerap kali mengkritisi kredibilitas dan kesehatan industri dana pensiun di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menegaskan bahwa tujuan utama peta jalan ini adalah untuk mendorong industri dana pensiun menjadi lebih kuat, stabil, dan terpercaya. Peluncuran ini menunjukkan keseriusan OJK dalam menangani masalah yang sering menjadi sorotan publik tersebut.

Read More

“Ini bukan hanya sekedar dokumen, tapi merupakan komitmen bersama dari seluruh stakeholders di industri dana pensiun yang berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan sistem pensiun Indonesia yang lebih baik lagi,” kata Ogi di Yogyakarta, Senin (9/7/2024).

Menurut Ogi, terdapat empat pilar yang menjadi penopang keberlanjutan peta jalan ini. Pertama, pilar penguatan ketahanan dan daya saing industri dana pensiun. Kedua, pilar pengembangan elemen-elemen dalam ekosistem industri dana pensiun. Ketiga, pilar akselerasi transformasi digital industri dana pensiun. Dan keempat, pilar penguatan pengaturan, pengawasan, dan perizinan.

Keempat pilar tersebut akan dijalankan ke dalam tiga fase. Yakni, fase penguatan fondasi, fase konsolidasi dan menciptakan momentum serta fase penyesuaian dan pertumbuhan. Ketiga fase itu akan menjawab tantangan, percepatan transformasi digital program pensiun, termasuk saluran distribusi, peningkatan program literasi dan inklusi keuangan terkait dana pensiun.

Selain itu, konsolidasi program pensiun sukarela, terdapat penguatan program pensiun wajib dan pembangunan sistem database kepesertaan program pensiun dana pensiun. (sln)

Related posts