Tiga Orang Ditangkap! Polresta Barelang Amankan Sabu 11,7 Kg Senilai Rp 17,5 Miliar

Narkotika jenis sabu
Tiga tersangka ditangkap

Batamline.com, Batam – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto menggelar Konferensi Pers ungkap Tindak Pidana Narkotika Jenis sabu seberat 11,728 Kg di Lobby Mapolresta Barelang, Rabu (16/08/2023). Dalam kasus ini, tiga orang tersangka berhasil ditangkap.

“Saya mengapresiasi Kasat Resnarkoba beserta personel dalam mengungkap tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 11,728 Kg dalam pengungkapan selama 8 hari,” kata Nugroho, didampingi Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, Kasat Resnarkoba Polresta Barelang Kompol Rayendra Arga Prayana, serta Ketua MUI Kota Batam, Ketua NU Kota Batam.

Read More

Pengungkapan pertama terjadi pada tanggal 26 Juli 2023 di Gang Buntu Kampungtua Batumerah, Batam dan di Pinggir Jalan Ahmad Yani, Depan SPBU Pandan Wangi, Sukajadi Kota Batam. Dua orang tersangka Y (35) dan IL (29)  dan diamankan beserta barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,008 gram.

“Kronologis kejadian, pada hari Selasa tanggal 25 Juli 2023, sekira Pukul 22.30 WIB, Tim Subnit  4 Sat Resnarkoba Polresta Barelang melakukan kegiatan penyelidikan dan  mendapat informasi akurat bahwa pelaku akan melakukan transaksi  narkotika jenis sabu di Wilayah Kampungtua Batumerah,” katanya lagi.

Tim berhasil melakukan penangkapan terhadap satu tersangka Y yang sedang mengambil sebuah bungkusan kantong plastik warna biru dari samping tong sampah di sebuah gang buntu Kampungtua Batumerah.

“Isi kantong plastik warna biru terdapat satu paket narkotika jenis sabu yang tersimpan dalam kemasan plastik warna biru bertuliskan “Number One” dan dibalut dengan plastik wrapping warna hitam. Kemudian pelaku berikut barang bukti dibawa ke kantor Sat Resnarkoba Polresta Barelang guna dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut,” urainya.

Pada hari Rabu pukul 19.00 WIB diperoleh informasi dari tersangka bahwa disuruh oleh T (DPO) untuk membagi 1 paket narkotika jenis sabu itu menjadi dua, masing-masing ukuran berat setengah kilogram.

“Sebanyak setengah kilogram pertama harus ia serahkan kepada tersangka IL. Kemudian pada hari Rabu pukul 20.30 wib tersangka Y ditelpon oleh tersangka IL akan bertemu di depan stadion Tumenggung Abdul Jamal,” ujarnya.

Kemudian sekira pukul 21.00 WIB Tim subnit 4 Satresnatkoba berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka IL. Kedua tersangka beserta barang bukti dibawa ke Sat Resnarkoba Polresta Barelang guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Kedua pelaku mendapatkan keuntungan menjadi kurir narkoba sebesar Rp1 juta hingga Rp10 juta,” ungkapnya.

Kemudian penangkapan yang kedua terjadi pada tanggal Sabtu (5/8/2023) di bawah Jembatan Nongsa Point Marina Kota Batam. Polisi mengamankan tersangka RF (28) dan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 10,720 Kg.

“Tersangka sempat melompat ke laut dan berusaha melarikan diri. Petugas langsung mengejar dan tersangka akhirnya menyerahkan diri,” jelasnya.

Berdasarkan hasil keterangan tersangka yang mana tersangka disuruh pelaku BN (DPO) untuk mengambil barang tersebut di daerah perairan laut Malaysia dan kemudian akan akan dijemput di bawah Jembatan Nongsa Point Marina Kelurahan Sambau Nongsa, Kota Batam.

“Dari keterangan tersangka RF narkotika jenis sabu tersebut selanjutnya akan dibawa oleh pelaku BN ke Palembang,” sebit Nugroho.

“Jadi Sat Resnarkoba Barelang berhasil mengamankan barang bukti dengan total berat 11,728 Kg dapat menyelamatkan 117.289 jiwa manusia, dengan asumsi 1 gram sabu di konsumsi oleh 10 orang. Dan jika dirupiahkan nilai harga sabu tersebut sebesar Rp17,5 miliar,” ungkapnya.

Dari Januari hingga pertengahan Agustus, kata Nugroho, Sat Resnarkoba Polresta Barelang berhasil mengungkap Narkotika Jenis Sabu sebanyak 64 Kg.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup.

“Kita mengimbau kepada masyarakat jika ada indikasi di wilayahnya ada peredaran narkotika baik pemakai dan pengedar agar segera dilaporkan kepada kita akan kita tindak lanjuti, kita nyatakan perang dengan narkotika, semoga Kota Batam bersih dari narkotika,” pungkasnya. (jim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *