Vladimir Putin Berencana Hadir Dalam KTT G20 di Bali Meski Ditolak Negara Barat, Ini Alasannya

  • Whatsapp
vladimir putin
Presiden Rusia Vladimir Putin saat memimpin rapat di Kremlin, Moskow (foto: ist)

Batamline.com, Jakarta – Meski banyak mendapat penolakan dari sejumlah negara barat, namun Presiden Rusia Vladimir Putin tetap berencana untuk hadir dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada Nopember mendatang.

Informasi kedatangan Vladimir Putin ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva pada Rabu (23/3) lalu.

Bacaan Lainnya

Alasan Putih menghadiri KTT G20 di Bali sebagai bentuk Rusia yang mendukung presidensi Indonesia di KTT G20 pada tahun ini.

“Indonesia menjadi presiden G20 bukan untuk membahas masalah krisis Rusia-Ukraina, tapi lebih kepada meningkatkan ekonomi global dan masalah lainnya. Mengeluarkan Rusia (dari G20) tidak akan membantu perekonomian global,” kata Vorobieva dikutip dari CNN Indonesia (26/3/2022).

Baca: BC Batam Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal: Ada Rokok Impor USA dan Inggris

Baca: DPRD Batam Sebut Pimpinan PT Jovan Ikut Bertanggung Jawab: Harus Diproses

“Kami mendukung presidensi Indonesia di G20,” tambahnya.

Rencana kehadiran Putin itu disampaikan Vorobieva. Terlepas dari desakan sejumlah negara yang ingin mengeluarkan Rusia dari negara kelompok G20, sebagai tanggapan atas invasinya ke Ukraina.

Seperti yang diketahui, sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Rusia telah mendapatkan sanksi dari berbagai negara di dunia, terutama Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat.

Sanksi yang diberikan tersebut adalah upaya untuk mengisolasi Moskow dari sistem keuangan hingga organisasi di dunia.

Baru-baru ini, AS dan negara-negara Barat yang masuk kelompok G7 sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan Rusia dari keanggotaan G20. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.